R2plan Blog

Bikin Website Gratis Kurang dari 1 Menit

Secara umum, pembuatan website tak lepas dari coding dan hal-hal lain yang terkait dengannya. Tak heran mengapa dahulu, bila terkait pembuatan website maka hanya orang-orang yang memiliki latar belakang IT saja yang kompeten.

Akan tetapi dewasa ini, pembuatan website bahkan tidak memerlukan keahlian khusus lagi. Karena ada banyak open source *) yang beredar di masyarakat antara lain yang paling banyak di gunakan adalah wordpress, joomla, drupal, dan lainnya. Dimana penggunaannya pun cukup mudah akan tetapi tetap akan memakan waktu lebih dari 20 menit.

*) Open source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).

Tetapi tahukah anda bahwa saat ini, pembuatan website dengan design profesional look seperti beberapa contoh gambar dibawah ini dapat dilakukan sendiri secara gratis hanya dengan waktu kurang dari 1 menit?

Klik link dibawah ini untuk melihat Contoh Live Website

Consultant

dan lain-lain

Dealer Mobil

dan lain-lain

Sebelum kita lebih jauh mempelajari bagaimana cara pembuatan website kurang dari 1 menit. Ada baiknya kita lihat perbedaan mengapa pembuatan website ini bisa kurang dari 1 menit dibandingkan pembuatan menggunakan open source lain seperti wordpress, joomla, drupal, dll

Buat Website Kurang 1 Menit

  1. Langsung masuk ke Template Desain
  2. Tidak memerlukan pembuatan halaman atau lainnya lagi. Halaman sudah tersedia
  3. Sesudahnya tinggal meng-edit konten atau gambar dari masing-masing halaman saja.

Opensource seperti WordPress, Joomla, dll

  1. Setelah di install, masih harus memilih Template Desain
  2. Halaman kosong sehingga masih memerlukan pembuatan halaman atau lainnya lagi.
  3. Setiap pengisian halaman harus dibuat dari awal

Cara Buat Website Gratis Kurang dari 1 Menit

Untuk bisa membuat website gratis kurang dari 1 menit ini, berikut ini beberapa langkah yang perlu dipersiapkan dan diambil

1. Setiap pembuatan website, jelas tentu harus memiliki hosting server terlebih dahulu. Untuk bisa membuat website gratis kurang dari 1 menit ini, anda harus menggunakan hosting dari EdRic Hosting*). Disebabkan sepengetahuan penulis, hanya EdRic Hosting menggunakan fitur ini. Biayanya pun cukup murah. Dimulai dari USD 50 per tahun atau sekitar Rp.750.000/tahun menggunakan asumsi 1 USD = Rp.15.000. Sudah termasuk dapat 1 domain dan fitur unlimited seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Pembayarannya cukup flexible! Untuk pembayaran otomatis bisa menggunakan kartu kredit, paypal, skrill. Sedangkan manual dapat dibayarkan melalui kami

 

Berikut Link Website EdRic Hosting

EdRic Hosting Bahasa Inggris       : http://www.edrichost.net

EdRic Hosting Bahasa Indonesia  : http://www.edric-hosting.com

paket hosting murah

2.Langkah selanjutnya setelah anda menjadi pelanggan, anda tinggal menginstal saja dengan mengklik tombol site builder pada dibawah menu Web Tools, setelah anda login ke cpanelnya. seperti gambar dibawah ini :

cara bikin website gratis kurang dari 1 menit

Untuk detil bagaimana sederhanya pembuatannya dan pengeditan websitenya anda dapat melihat video dibawah ini :

Setelah website anda selesai, anda dapat menggunakan beberapa layanan digital marketing seperti google ads , search engine optimization dan metode lainnya guna mendapatkan traffic yang tinggi

Bikin Website Gratis Kurang dari 1 Menit
read more

Kenapa Website di Blokir oleh Google

Mengacu dari judul artikel ini Kenapa Website di Blokir oleh Google. Kita semua sudah bisa mendapat gambaran bahwa dalam SERP (search engine result page) bukan hanya melulu mengenai optimasi situs saja (SEO / search engine optimization). Akan tetapi juga ada berlaku juga hukum Penalti / Pemblokiran Situs oleh Search Engine seperti Google

Pertanyaan yang mungkin timbul dibenak pembaca adalah Mungkinkah sebuah website di blokir di search engines? Jawabnya ya, sangat mungkin.

Pemblokiran Situs Pada Google dan Search Engine Lainnya

Sebelum kita terlebih dahulu membahas alasan-alasan kenapa sebuah website terkena penalti oleh Google atau search engine lainnya. Ada baiknya kita terlebih dahulu mengecek apakah website kita sudah terkena penalti atau tidak?

Cara Mengecek Situs Terkena Penalti Google

Bagaimana cara mengecek apakah web anda di blokir di search engine atau memang SERP nya yang tidak baik ? Caranya cukup mudah, anda tinggal mengetik pada kolom pencarian adalah site:(domain anda/alamat website anda) pada search engines. Contoh misalkan bila mengacu pada website R2plan ini maka isian pada kolom keywordnya adalah site:r2plan.com seperti contoh dibawah ini :

check website di blokir google

pengecekan website di blokir google

 

 

Bila hasil pencarian masih menampilkan list dari halaman website anda seperti diatas berarti website anda tidak terkena pencekalan/pemblokiran di search engine. Akan tetapi bila hasil pencarian tidak menemukan list website anda satupun, ada kemungkinan website anda terkena penalti oleh Google

 

Alasan-Alasan dan Penyebab Website di blokir di search engine.

Ada beberapa penyebab yang dapat ditimbulkan yang menyebabkan sebuah situs web di blokir di search engine.

  1. Website terkena dan mengandung virus atau malicious
  2. Website terkena hacking
  3. Penerapan teknik Black Hat SEO oleh Konsultan SEO anda misal melakukan link exchange, membeli link farm, dan segala upaya teknik black hat SEO lainnya.

Mungkinkah website yang terkena hacking di recovery?

Jawabnya 75% iya karena tetap bisa dilakukan perbaikan pada web. Mengapa 25% nya tidak? Karena faktornya sudah sangat fatal.

Bagaimana cara meng-recoverynya?

Untuk melakukan recovery SEO website yang sudah di blokir bisa banyak faktor yang mesti dicheck satu persatu terlebih dahulu. Ada baiknya anda menghubungi Konsultan SEO anda, karena pada kasus seperti ini diperlukan tingkat analisis dan penanganan teknis lebih lanjut baik mulai apa penyebabnya dan lainnya sampai ke penanganan solusinya.

Kenapa Website di Blokir oleh Google
read more

ATL – BTL – TTL Marketing

Istilah dari ATL Marketing (Above the line marketing) atau BTL Marketing (Below the line marketing) jelaslah sudah sangat familiar dikalangan para marketer. Keduanya merupakan bentuk dari suatu aktifitas pemasaran. Yang membedakannya antara keduanya pada umumnya adalah fokus pada penerapannya serta penempatannya pada laporan keuangan. Sementara TTL marketing adalah istilah baru yang lahir atas kemajuan dan perkembangan teknologi dan dapat dikatakan grey area dari kedua istilah diatas tadi.

Pengertian ATL – BTL – TTL

ATL Marketing (above the line) merupakan aktivitas pemasaran yang fokusnya pada skala yang besar dan lebih luas. ATL ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang sudah besar. Rangkumannya adalah sebagai berikut

Above the line (ATL)
– Target audiens yang luas.
– Lebih untuk menjelaskan sebuah konsep atau ide. Tidak ada interaksi langsung dengan audiens.
– Media yang digunakan pada umumnya adalah TV, Radio, Majalah, koran, billboard.

Sedangkan BTL Marketing (below the line) sebagai aktifitas marketing atau promosi yang dilakukan dalam skala yang lebih yang bertujuan menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk atau berinteraksi secara langsung. Rangkumannya adalah sebagai berikut :

Below the line (BTL)
– Target audiens terbatas
– Media atau kegiatannya memberikan audiens kesempatan untuk merasakan, menyentuh atau berinteraksi, bahkan     langsung action membeli.
– Media yang digunakan Event, Sponsorship, Sampling, Point-of-Sale (POS) materials, Consumer promotion, Trade promotion, dll.

Sebenarnya, istilah ‘line’ (garis) dalam ATL dan BTL itu sebenarnya berawal dari kategorisasi dalam pencatatan keuangan.

    1. Kategori pertama berlaku bagi kegiatan pemasaran yang kena komisi biro iklan. Ini dimasukkan dalam biaya penjualan (cost of sales) yang akan menetukan laba kotor (gross profit).
    2. Kategori kedua untuk kegiatan pemasaran non iklan yang tidak kena komisi. Biayanya dimasukkan dalam biaya operasional yang menentukan laba bersih (net profit).

Kedua jenis budget tersebut dipisahkan dengan sebuah garis (line) dalam sebuah neraca. Yang mengandung unsur komisi biro iklan, ditulis di bagian atas neraca, disebut sebagai above the lineIni dimasukkan dalam ‘cost of sales’ dan dikurangi sebelum ditentukan gross profit. Sisanya, dijadikan satu di bawah garis tadi, disebut kelompok below the line. dan median promosi yang di gunakan ialan brosur, poster, stiker, kalender, katalog, dan media lain yang bisa di gunakan sebagai media promosi. sebagai contoh promosinya ialah program diskon, uji coba gratis.

Akan tetapi saat ini, dimana landscape media sudah bergeser secara dramatis dengan munculnya media-media baru, terutama yang berbasis teknologi tinggi (Internet dan mobile phone), beda ATL vs BTL semakin kabur. Persoalannya, karakteristik media baru tidak eksklusif lagi. Internet media, karena fiturnya yang sangat kaya (disebut dengan rich multimedia), yang dapat mencakup target audiens yang sangat luas, spesifik dan mempunyai fasilitas interaksi secara langsung. Dalam situasi pemasaran modern ini mengharuskan Strategic Brand Planner berpikir tentang bagaimana meng-integrasi semua hal diatas dalam desain pesan dan alokasi medianya. Karena hal ini maka kegiatan Integrasi komunikasi ini dikenal dengan sebutan ’Integrated Marketing Communication’ (IMC).

Jika kita perhatikan di sekitar kita, memang banyak kegiatan yang tidak bisa dikatakan eksklusif lagi. Ada kegiatan ATL yang mengandung unsur BTL. Atau sebaliknya, BTL yang mengandung unsur ATL. Contoh ATL dengan BTL adalah iklan sebuah brand di majalah yang sekaligus ditempeli sample produknya. Sedangkan contoh BTL dengan ATL adalah kegiatan event di outlet tertentu yang disebarluaskan lewat iklan radio dan sms.

Wilayah abu-abu atau ‘grey area’ itulah yang mendorong timbulnya istilah baru, yaitu ’Through the Line’ atau TTL Marketing. Istilah ini secara harafiah berarti ‘cakupan dari ujung satu ke ujung lainnya’. Istilah TTL diperkenalkan untuk menjembatani pihak perusahaan jasa komunikasi periklanan yang ingin membuat gambaran kongkrit terhadap segmen jasa kreatif komunikasi yang ditawarkannya.

Bagaimana Penerapan ATL – BTL – TTL dalam Digital Marketing ?

Disebabkan karena pada dasar kedua aktifitas pemasaran ini murninya terdiri dari ATL dan BTL dalam pencapaian tujuan marketingnya. Maka secara teknis pada akhirnya untuk penerapan teknisnya tentu mengakibatkan perbedaan teknis dalam penerapan digital marketing ( iklan online ) nya berdasarkan tujuan atas scope dari ATL atau BTL itu sendiri. Termasuk pula di dalamnya penggunaan digital marketing tools yang dapat digunakan.

ATL – BTL – TTL Marketing
read more

Cara mendapatkan uang online tanpa harus berbisnis online

Mayoritas mungkin beranggapan bahwa mendapatkan uang dari online tentunya hanya bisa di dapat dengan cara menjalankan berjualan online atau yang memiliki website dapat menjalankan SEO atau Search Engine Marketing atau penerapan digital lainnya supaya mendatangkan traffic ke website sehingga pada akhirnya akan mendatangkan pelanggan yang tentunya akan menciptakan keuntungan (lihat artikel cara meningkatkan omzet dengan cepat ) . Cara yang telah disebutkan diatas dewasa ini mungkin telah banyak di kenal secara orang awam. Tapi tahukah anda bahwa kita dapat menghasilkan uang dari online secara halal tanpa harus berjualan online atau mendigital marketingkan bisnis kita?

Cara mendapatkan uang online tanpa harus berbisnis online
read more

Google Adwords / Google Ads

Google Adwords atau Google Ads

Google Adwords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google Adwords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Google Adwords / Google Ads
read more

Cara Meningkatkan Omset dengan Cepat

Perlu untuk diketahui bahwa artikel Cara meningkatkan omset dengan cepat ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya telah dibahas yaitu pertimbangan sebelum membeli jasa pembuatan website, yang mana unsur-unsur utama dalam pembuatan website tentunya telah dipenuhi. Sehingga dalam menjalankan beberapa langkah untuk meningkatkan penjualan online ini lebih sempurna kondisinya dan kesiapannya.

Contoh : Pada artikel sebelumnya di sarankan untuk memilih hosting dengan kapasitas bandwith yang unlimited maka bila website anda masih di dukung hosting yang belum unlimited kapasitas bandwithnya, maka pada saat beberapa langkah cara meningkatkan omset dengan cepat ini ditempuh. Maka ada resiko beberapa kerugian yang akan anda alami. Dimana website down pada saat pengunjung website mengunjungi website anda disebabkan faktor kuota bandwith telah tercapai.

Cara Meningkatkan Omset dengan Cepat
read more

Pertimbangan Utama Sebelum Membeli Layanan Pembuatan Website

Memutuskan memiliki website dan/atau e-commerce / toko online merupakan salah satu bagian dari penerapan digital marketing. Dalam memutuskan pembelian layanan pembuatan website / pembuatan toko online ternyata tidak semudah hanya untuk memilih nama domain yang diinginkan dan tampilan desain yang diinginkan saja.

Diperlukan beberapa pertimbangan utama yang mesti diperhatikan sebagai dasar utama rencana penerapan digital marketing anda sesuai rencana. Tidak jelinya memperhatikan langkah-langkah dan pertimbangan utama pembuatan website ini maka akan menyebabkan kerugian dan kekecewaan nantinya.

Pertimbangan Utama Sebelum Membeli Layanan Pembuatan Website
read more

Manfaat Organic Search dan Paid Search

Manfaat Organic Search dan Paid Search

Banyak sekali manfaat yang akan di dapat bila situs anda bisa ditemukan dalam hasil pencarian search engines. Dan supaya website kita dapat muncul di search engines, kita dapat menerapkan menggunakan teknik yang terbagi atas 2 yaitu Organic Search (SEO) atau Paid Search (Pay Per Click).

Manfaat Organic Search dan Paid Search
read more

Tips Memilih Jasa SEO atau Konsultan SEO

Dewasa ini, tak pelak kebutuhan atas penggunaan konsultan seo (search engine optimization) supaya website si pemilik website akan menempati halaman strategis dan kebutuhannya saat ini bertambah sangat drastis. Kebutuhan jasa seo ini sejalan dengan perkembangan bisnis online di Indonesia meningkat seperti toko online dan disebabkan keingin para pemasar mendapatkan pelanggan lebih banyak dari hasil pencarian di search engine seperti google, bing dan yahoo dan lainnya.

Tips Memilih Jasa SEO atau Konsultan SEO
read more

Jenis Konsultan Digital Marketing

Menganalisa perkembangan digital marketing yang mulai marak saat ini di Indonesia tentunya mengakibatkan makin besarnya permintaan akan konsultasi digital marketing atau konsultan online marketing. Akan tetapi terkadang ada salah kaprah dalam mengartikan jenis layanan konsultan digital marketing. Artikel ini akan membahas secara detil.

Jenis Konsultan Digital Marketing yang ada di dunia.

Secara teknis ini adalah jenis pekerjaan IT akan tetapi lebih spesifik lagi dari sisi pekerjaannya. Makanya dalam penerapan profesi ini di dunia timbul beberapa title/jabatan yang lebih spesifik. Karena lingkup IT secara garis besar saja sudah terbagi 2 (dua) yaitu : IT Hardware atau IT Software. Dan jabatan ini lebih cenderung ke arah IT Software dan spesifiknya Web Developer (penjurusan dari web developer). Akan tetapi karena pekerjaan yang lebih spesifik belum tentu juga seorang web developer sangat cakap dalam penerapan digital marketing.

Jenis Konsultan Digital Marketing
read more