Our Blog

Cara Efektif Menggunakan Search Engine

Dewasa ini peningkatan penggunaan online membantu kita memudahkan mencari segala informasi yang dibutuhkan secara langsung atau tidak langsung, mengakibatkan peningkatan penggunaan search engines. Seorang individu yang sudah menggunakan internet (online) sudah dapat dipastikan akan menggunakan search engines juga. Bahkan asumsi online sendiri saat ini bias ke arah yang lebih luas. Dahulu bisa dikatakan online, maka otomatis asumsinya adalah menggunakan komputer/laptop dan terhubung ke jaringan internet. Saat ini, online bukan hanya milik pengguna komputer/laptop saja akan tetapi sudah lebih luas lagi yaitu sudah termasuk penggunaan mobile phone / smart phone.

Seperti sudah diulas sebelumnya bahwa bila online, hampir dapat dipastikan akan menggunakan search engine. Akan tetapi penggunaan search engine sendiri walaupun sederhana sekali akan tetapi terdapat juga cara supaya lebih efektif dalam menggunakan search engine. Berikut penulis berikan beberapa cara efektif menggunakan search engine agar bisa lebih efisien dan efektif dalam mendapatkan data atau informasi yang diinginkan.

Cara Efektif Menggunakan Search Engine

a. Hindari Penggunaan 1 (satu) Keyword saja.

Pada umumnya pengguna internet dalam menggunakan search engine supaya lebih cepat hanya mengetik 1 keyword saja dari kemudian mencari informasi yang dibutuhkan berdasarkan hasil pencarian dari search engine. Penulis menyarankan sebaiknya hindari penggunaan 1 (satu) keyword seperti ini. Ada baiknya menggunakan keyword minimum 2 kata dan maksimum 4 kata.

Contoh :

Kebutuhan ingin mencari sekolah dasar untuk anaknya. Keyword yang di ketik adalah sekolah atau mungkin SD.

Hasil yang ditampilkan : Berdasarkan asumsi diatas, bila pengguna internet mengetik keyword seperti diatas maka secara otomatis alogaritma search engine akan menampilkan semua informasi yang terkait dengan keyword diatas. Bisa jadi hasil yang di tampilkan juga sampai ratusan juta hasil

Indikator ke tidak efektif-an dan ketidak efisien-an adalah : Walaupun hasil yang ditampilkan sampai ratusan juta bukan berarti semakin baik dalam menyaring semua informasi yang ada. Terkadang beberapa persen informasi yang ditampilkan adalah sangat tidak relevan misalkan beberapa hasil ternyata ada yang menceritakan kenakalan anak disekolah dan lain sebagainya. Hal ini adalah wajar karena search engine adalah semacam mesin atau robot yang mengumpulkan semua informasi berdasarkan kata per kata atau per kalimat, kemudian berdasarkan alogaritmanya menampilkan semua hasil terkait keyword yang ada.

Saran : Menggunakan keyword yang sesuai dengan yang kita butuhkan dengan lebih spesifik misalkan “sd terbaik jakarta”, “sd unggulan jakarta barat”, “kontraktor interior pameran”, “distributor alat kesehatan”, dan lain sebagainya.

Efeknya : Bila kita menggunakan keyword seperti saran diatas maka hasilnya pun akan semakin terfilter berdasarkan yang kita inginkan sehingga lebih efektif dan lebih efisien dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

b. Hindari Penggunaan lebih dari 5 (lima) Keyword atau bahkan sebanyak-banyaknya.

Pada umumnya kasus seperti ini adalah jarang ditemukan dan berbanding kebalik atas anjuran sebelumnya.

Contoh :

Kebutuhan ingin mencari sekolah dasar terbaik untuk anaknya. Maka bila mengacu pada terms ini keyword yang di ketik adalah “SD terbaik di jakarta dan berkualitas serta murah”.

Hasil yang ditampilkan : Berdasarkan asumsi diatas, bila pengguna internet mengetik keyword seperti diatas maka secara otomatis alogaritma search engine akan menampilkan semua informasi yang terkait dengan keyword diatas. Dan besarkemungkinan hasil yang di tampilkan adalah tidak ada sama sekali atau terlalu sedikit.

Indikator ke tidak efektif-an dan ketidak efisien-an adalah : Walaupun keyword yang ditampilkan sangat spesifik bukan berarti search engine dalam menyaring semua informasi yang ada akan menampilkan informasi yang lebih akurat. Bahkan besar kemungkinan adalah menampilkan informasi dengan hasil nihil. Sehingga mengakibatkan kita harus mengulangi kembali untuk mencari.

Saran : Menggunakan keyword yang sesuai dengan yang kita butuhkan dengan lebih spesifik misalkan “SD terbaik di jakarta”, “SD berkualitas jakarta”, “SD berkualitas jakarta barat”, dan lain sebagainya.

Efeknya : Bila kita menggunakan keyword seperti saran diatas maka hasilnya pun akan semakin terfilter berdasarkan yang kita inginkan sehingga lebih efektif dan lebih efisien dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan tanpa harus mengulangi kembali pencarian.

Sumber : Konsultan SEO Bersertifikat R2plan

Cara Efektif Menggunakan Search Engine