Manfaat Organic Search dan Paid Search

Our blog


July 1, 2015



Video

Sumber video: Google


Manfaat Organic Search dan Paid Search
Setelah kita melihat video bagaimana cara kerja google dalam menampilkan hasil pencarian, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa akan mendapatkan manfaat bila situs anda bisa ditemukan dalam hasil pencarian search engines. Dan supaya website kita dapat muncul di search engines, kita dapat menerapkan teknik yang terbagi atas 2 yaitu Organic Search (SEO) atau Paid Search (Pay Per Click).

*) Materi dipublikasikan guna kepentingan umum yang relevan dengan hasil pencarian.

Manfaat Organic Search dan Paid Search

Manfaat yang bila website kita muncul baik di organic search ataupun paid search adalah :

  1. Jawabannya adalah traffic/pengunjung situs/website visibility. Semua orang pada saat ini mencari informasi dari internet menggunakan search engines dengan mengetikkan kata kunci yang relevan. Kemudian search engines seperti google, bing, yahoo, dll akan menampilkan semua hasil yang berkaitan dengan kata kunci yang relevan diketik.
  2. Manfaat peningkatan penjualan melalui pasar online. Ketergantungan individu yang menggunakan internet bukan hanya terbatas pada kebutuhan mencari informasi yang diinginkan tetapi juga pada saat ingin memutuskan pembelian produk atau jasa. Contoh ingin membeli tiket online, mencari produk kategori x yang menawarkan harga yang lebih murah dan lain-lain.
  3. Manfaat pemasaran atau promosi pada saat pengunjung situs mencari dan menemukan situs anda.
  4. Manfaat branding dan peningkatan brand awareness.
  5. Bisa berguna sebagai marketing intelligence.
  6. Manfaat hubungan masyarakat (public relation). Salah satu target dari program hubungan masyarakat adalah sosialisasi program yang ada seluas mungkin. Sehingga bila saat individu mengetik keyword x dan bila pemilik situs (dalam hal ini yang memiliki program hubungan masyarakat), situs mereka muncul maka individu dapat menggali informasi x yang ada.

Menilik manfaat dari munculnya website kita di search engine dibagi atas 2 (dua) kategori :

1. Organic Search

adalah hasil kemunculan website di search engine dari keyword yang diketik oleh user. Lazimnya disebut juga SERP (Search engine result page).

Contoh :

Seorang pengunjung situs ingin mencari jasa dari konsultan seo yang bersertifikat

konsultan seo bersertifikat

2. Paid Search

adalah hasil kemunculan website di search engine dari keyword yang diketik oleh user akan tetapi menggunakan sistem berbayar. Lazimnya disebut juga Jasa PPC (pay per click). Salah satu layanan PPC yang populer yang ada adalah Google Adwords

jasa google adwords

 

Cara untuk membedakannya hasil ini masuk kategori organic search atau paid search dari gambar diatas adalah :

1. Dari gambar 1, dapat dilihat hasilnya tidak ada tanda ad.

2. Dari gambar 2, dapat dilihat hasilnya ada tanda ad atau google menampilkan hasil akan tetapi dengan latar belakang merah muda.

Karakteristik

Karakteristik Search Engine Demand juga sangat unik/berbeda. Dimana prosentasenya tingkat pembeliannya dipastikan lebih tinggi disebabkan faktor :

a. Pada umumnya setiap individu menggunakan search engine guna memenuhi kebutuhan mereka.

b. Pada dasarnya kebutuhannya sudah ada akan tetapi karena menggunakan/mengandalkan search engine dalam upaya memenuhi kebutuhannya. Yang juga merupakan penentu tingkat prosentasi yang lebih tinggi yang saya sebutkan diatas.

Manfaat

Disebabkan memiliki karakteristik yang unik maka juga melahirkan manfaat yang unik juga yaitu : Mendapatkan pelanggan baru atas pencarian di search engine baik pelanggan internal ataupun eksternal.

Leave a reply
Back to top