Salah kaprah penetapan strategi SEO

Our blog


June 21, 2015


Hindari Salah Kaprah Dalam Penetapan Strategi SEO

Saat ini penggunaan layanan seo atau jasa konsultan seo meningkat disebabkan beberapa pemilik website memutuskan untuk mengambil manfaat atau keuntungan dari kemunculan websitenya atas keyword yang diketik pada saat seseorang mencari info produk atau jasa dan lain sebagainya dari search engines seperti bing, google dan yahoo. Salah kaprah tentu saja ini akan menyebabkan kerugian dari sisi biaya yang dikeluarkan dan kehilangan meraup keuntungan dari pemilik website bila salah kaprah dalam menetapkan strategi SEO.

Salah satu kaprah yang sering terjadi dan umum adalah “penetapan keyword”.
Penetapan keyword yang tidak tepat seperti keyword nama website atau nama perusahaan atau produknya atau jasanya contoh keyword “R2plan” dalam kasus website ini “.
Mengapa penetapan keyword menggunakan keyword seperti nama website atau nama perusahaan atau produknya atau jasanya tidak dianjurkan dan apa implikasinya bila diterapkan?

  • Bila seseorang dalam contoh kasus diatas mengetik keyword R2plan maka pada umumnya website resmi (official website) pada umumnya akan selalu pada halaman 1 dan besar kemungkinan adalah nomor 1 (satu) *)
  • Berdasarkan asumsi sebelumnya pemilik website pada umumnya tidak perlu mengeluarkan biaya lain karena penetapan strategi seo merupakan salah satu biaya bagi pemilik website, yang dalam struktur biaya perusahaan masuk ke dalam biaya promosi akan tetapi melalui dunia maya/online.
  • Sisi yang lain adalah sebenarnya pada umumnya sudah berada di halaman awal dan orang sudah mencari karena sudah mengenal produk/jasanya. Yang perlu dikembangkan adalah potensi pasar yang masih bisa diraup dengan menggunakan keyword yang lebih umum contoh konsultan seo bersertifikat, distributor timbangan digital, air minum kesehatan, dan sebagainya berdasarkan kebutuhan individu yang mencari.

*) Dalam search engines nomer/peringkat website bukanlah masalah utama akan tetapi peringkat halaman website anda (SERP/Search engines result page) yang akan menjadi peluang penjualan atau manfaat branding.

Strategi SEO

Penetapan strategi seo bisa atas prakarsa 2 arah :

  1. Pemilik Website
  2. Konsultan SEO

Berdasarkan prakarsa penetapan strategi SEO yang telah disebutkan di atas salah kaprah yang terjadi juga bisa berasal 2 sumber

1. Pemilik website memilih keyword nama perusahaannya/produk/jasanya akan tetapi tidak diarahkan oleh konsultannya.

Bisa saja maksud dari pemilik website benar misalkan memilih keyword R2plan dalam contoh konteks artikel ini, tetapi sebenarnya maksud dari pemilik adalah mau supaya website www.r2plan.com berada pada posisi strategis (halaman awal) dari hasil pencarian search engines dan konsultannya salah mengartikan maksud yang lebih dalam dari pemilik website.

2. Konsultan SEO nya tidak mengarahkan

Konsultannya yang tidak menerangkan secara mendetil atau tidak mengarahkannya.

Sumber : Konsultan SEO Bersertifikat

Leave a reply
Back to top