Our Blog

Tips Memilih Jasa SEO atau Konsultan SEO

Dewasa ini, tak pelak kebutuhan atas penggunaan konsultan seo (search engine optimization) supaya website si pemilik website akan menempati halaman strategis dan kebutuhannya saat ini bertambah sangat drastis. Kebutuhan jasa seo ini sejalan dengan perkembangan bisnis online di Indonesia meningkat seperti toko online dan disebabkan keingin para pemasar mendapatkan pelanggan lebih banyak dari hasil pencarian di search engine seperti google, bing dan yahoo dan lainnya.

Pada saat saya mencoba mengetik keyword ” jasa seo bersertifikat “maka dapat dipastikan hasil yang ditampilkan akan sangat banyak bahkan mungkin sampai puluhan ribu informasi.

jasa seo bersertifikat

Bila melihat hasil yang ditampilkan dari satu keyword diatas tentunya akan sangat banyak sekali informasi yang ditampilkan. Nah, kita sebagai pemilik website supaya website kita dapat muncul dalam pencarian ini membutuhkan layanan SEO. Untuk mendapatkan layanan SEO, kita dapat memakai jasa dari Konsultan SEO

Tips Memilih Jasa SEO atau Konsultan SEO

1. Faktor kredibilitas dan pengetahuan

Tidak terlepas di judul diatas ada 2 tipe dari konsultan seo :

a. Konsultan seo bersertifikat

Adalah konsultan seo atau seo spesialis yang memiliki skill dan pengetahuan dan kemudian telah diuji kemampuan/pengetahuan baik dari sisi skill dan pengetahuannya dan telah dinyatakan lulus (bersertifikat).

b. Konsultan seo

Adalah konsultan seo atau seo spesialis yang memiliki skill dan pengetahuan akan tetapi mungkin disebabkan belum mengambil atau belum lulus ujiannya.

2. Tersedia tidaknya garansi

a. Bergaransi

Adalah jasa seo yang memberikan garansi . Garansi yang dimaksud antara lain adalah garansi posisi yang baik atas keyword yang diketik di search engine atau garansi uang kembali. Bahkan ada garansi yang memberikan keduanya baik posisi dan uang kembali.

Perlu di-ingat bila terkait posisi bahwa hasil pencarian di google tidak selalu konstan, bisa berubah ubah. Jadi tanyakan kepada konsultan seo atau seo spesialis anda mengenai jangka waktu berlakunya juga.

b. Tidak Bergaransi

Adalah layanan seo yang tidak memberikan garansi baik dalam bentuk posisi ataupun uang kembali.

3. Metode yang dipakai para konsultan seo

a. White Hat Technique

Adalah metode yang menggunakan prinsip yang etis.

b. Black Hat Technique

Adalah metode yang tidak memperhatikan prinsip yang etis bahkan ada yang curang.

Berdasarkan dari 2 teknis diatas, seo spesialis yang menggunakan metode white hat akan menghasilkan website yang peluang dalam mempertahankan posisinya lebih baik dibanding black hat. Ini disebabkan search engine sendiri mempunyai peraturan-peraturan dalam menentukan hasil pencariannya. Contohnya tidak boleh melakukan spamming.

Konsultan yang menerapkan prinsip black hat karena tidak memperhatikan etika nya tentunya akan melakukan spamming dan lain sebagainya. Hal ini dapat mengakibatkan posisi yang sudah diatas bisa langsung hilang karena di banned oleh search engines.

4. Teknis Optimasi yang dipakai para konsultan seo

a. On page SEO adalah teknik optimasi website yang lebih menekankan pengoptimalisasian website pada website itu sendiri. Bukan dari luar website yang ingin dioptimalisasi. Hasil daripada teknik onpage akan menyebabkan lebih stabil dibandingkan teknik offpage. Disebabkan sifat daripada website berbeda-beda maka berbeda pula pengembangan teknik on page untuk setiap website. Tidak bisa disama ratakan begitu saja. Ibarat membuat kue, kita harus mengetahui persis berapa komposisi dari masing-masing bahan karena dalam hal pembuatan kue, walaupun bahannya sama akan tetapi takaran komposisi bahan juga berbeda bila semisal jumlahnya berbeda. Disinilah mengapa peran konsultan seo penting untuk pengoptimalisasian website anda. Untuk lebih jelasnya anda dapat mengkonsultasikan secara gratis lebih detil dengan konsultan digital marketing R2plan.

b. Off page SEO adalah teknik optimasi website yang lebih menekankan pada unsur diluar website itu sendiri seperti backlink dan lain-lain. Hasil daripada teknik offpage tidak begitu stabil dibandingkan teknik onpage. Bahkan bila salah menerapkan teknik offpage akan mengakibatkan website drop atau bahkan hilang karena di penalized search engine. Contoh nyata implementasi ini diterapkan di Google untuk pada saat pengembangan alogaritma Hummingbird disebabkan sifat dari website yang menyediakan layanan search engine tentunya ingin menampilkan hasil serelevan mungkin. Teknik Offpage yang pengimplementasiannya buruk bisa juga dikategorikan Black Hat oleh search engine yang mengakibatkan website walaupun masih live akan tetapi hilang bila di cari di search engine.

 

Artikel Terkait : Jenis Konsultan Digital Marketing

Tips Memilih Jasa SEO atau Konsultan SEO